Senin, 23 Januari 2017

alat komunikasi tradisional

alat-alat komunikasi tradisional alat-alat komunikasi tradisional
salam super mas gan,,di artikel ini saya ingin membagi informasi tentang alat komunikasi tradisional (tempoe doloe).
langsung saja
1. SURAT

pada jaman era baru ini alat komunikasi ini sudah sedikit yang menggunakannya,tetapi pada jaman dulu surat sangat populer di jamanya,dengan cara menulis di kertas atau daun,walaupun alat komunikasi ini butuh waktu yang lama untuk sampai kepada penerimanya. Kadang bisa sebulan atau lebih, semua di tentukan ketersediaan transportasi dan jarak tempuh yang ada.
2. TELEPON KALENG

alat komikasi berikut unik dengan memanfaatkan kaleng bekas,jka kalian pernah mencoba alat ini masa kecil kalian bahagia,hehehe,, Kaleng yang di hubungkan dengan benang dapat mendengar kan suara layaknya sedang telfon, tetapi jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya, paling sekitar 5 sampai 10 meter.
3. KENTONGAN

Kentongan sebagai alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai media komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi. Informasi pasti tentang sejarah kentongan tidak di temukan dengan pasti, namun yang pasti bahwa kentongan ini di kenal sebagai alat komunikasi tradisional.
setiap bunyi ketukan mempunyai arti berbeda-beda contoh nya seperti ini

4. GAMELAN

Alat yang terkenal dari suku jawa ini, selain sebagai alat musik,pada jaman dulu di fungsikan juga sebagai alat komunikasi tradisonal. Biasanya didalam acara tertentu tidak lengkap jika tidak ada lalat yang bernama gamelan.
5. ASAP

mungkin terdengar aneh dan bertanya-tanya gimana caranya asap dapat menjadi media komunikasi, Memang sebagian orang dulu memakai asap sebagai alat komunikasi. Mungkin ini mistik atau gaib, namun ternyata memang efektif ketika dulu kala. Untuk proses pembuatan asapnya penulis kurang paham. Apakah asap di bakar lalu dibacakan mantra tertentu atau kayu di bakar dan menghasilkan asap begitu saja.
5. BURUNG MERPARI

Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa yang besar di era jaman dulu. hewan ini digunakan sebagai media menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi.burung ini mempunyai julukan sebagai merpati pos julukan ini untuk menjelaskan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum jasa pak pos belum ada.
6. TEROMPET

Walaupun setiap malam tahun baru masehi selalu banyak orang yang menggunakan terompet, namun siapa di sangka alat ini termasuk dalam alat komunikasi tradisional.pada jaman dulu era bani israel sudah menggunakan alat ini sebagai media komunikasi. Terompet hampir sama dengan lonceng, yakni sebagai media penyampai informasi kepada masyarakat jika ada pesan penting. Mungkin terompet adalah simbol dari Israel dan lonceng adalah simbol dari gereja.
7. BENDERA MERAH PUTIH

Bendera selain simbol dari sebuah negara,dapat juga di gunakan sebagai media komunikasi untuk pesan tertentu. Misal penaikan bendera atau penurunan bendera dalam kondisi perang memiliki makna tertentu. Alat komunikasi yang bernama bendera termasuk alat komunikasi tradisional yang masih di gunakan sampai detik ini. Bukan hanya sebuah negara, organisasi massa atau politik pun mempunyai bendera.
sebagai contoh jika bendera berkibar hanya setengah tiang pertanda pahlawan negara atau orang yang dihormati meninggal.
8. PELUIT

Alat ini di gunakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Di olahraga banyak di gunakan oleh wasit. Seperti olahraga sepak bola, di mana seorang wasit akan membunyikan pluitnya untuk berkomunikasi dengan pemain bola jika terjadi suatu pelanggaran.
9. ANJING

Binatang yang di pergunakan sebagai komunikasi selain merpati ternyata anjing juga termasuk alat untuk komunikasi klasik. Memang anjing bisa membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan aparat kepolisian juga memakai anjing dalam operasi terntentu. Keberadaan anjing memang menjadi perbedaan pendapat, ada yang membolehkan untuk dipelihara dan ada yang melarang untuk di pelihara.
10. TELEGRAF

Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf walaupun alat ini cara kerjanya menggunakan listrik, tetapi masih termasuk dalam daftar alat komunikasi tradisional.
11. LAMPU

Lampu di gunakan sebagai media pemberitahuan pesan atau komunikasi kepada orang lain atau publik. Biasanya lampu ini di gunakan hanya sebagai sandi saja,Seperti lampu mercusuar yang ada di laut untuk memberi informasi kepada kapal supaya tidak menabrak karang.Bahkan sampai sekarang lampu lalu lintas juga sebagai alat komuniasi bagi pengguna jalan.alat komunikasi ini biasanya disebut dengan sandi morse.
12. LONCENG

pasti sudah pernah mengalami menggunakan alat komunikasi ini,kalo saya dulu pada saat di banggku sekolah dasar pada saat masuk sekolah,jam istirahat,jam pulang,pasti di tandai dengan bunyi lonceng ini. selain di sekolah, rumah ibadah seperti gereja pun juga menggunakan lonceng untuk informasi komunikasi tertentu kepada penganut agamanya.
13. TANGAN

anggota tubuh seperti tangan ternyata sejak dahulu sudah digunakan sebagai media komunikasi,walaupun pada saat ini alat komunikasi ini masih sering digunakan,cara kerjanya hanya menggerakkan tangan dengan membentuk suatu huruf, walaupun demikian biasanya lawan komunikasi sudah bisa memahami apa yang di maksudkan dengan gerakan tangan tersebut.


SEMOGA SEDIKIT MEMBANTU :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar