Rabu, 18 Januari 2017

CARA MERAKIT KOMPUTER

cara merakit komputer LANGKAH-LANGKAH MERAKIT KOMPUTER salam super mas gan...hehe,,sudah lama nggak nonggol ni kangen nulis-nulis kayak gini :D. oke lah langsung ke tkp aja mas gan disini saya akan menulis tentang langkah-langkah cara perakitan komputer,bagi yang sudah berkecimpung di dunia IT mungkin seperti ini sangatlah mudah,bahkan sambil merem kali ya.hehehe..tetapi buat orang awam pasti sangat sulit,dengan karya saya ini mungkin setidaknya dapat membantu mengatasi masalah tersebut.
LANGKAH "PERTAMA"
Mempersiapkan komponen-komponen yang akan di rakit
Sebelum mulai merakit komputer, persiapkan terlebih dahulu komponen-komponennya, yaitu
1. Casing
2. power supply
3. Motherboard
4. Processor
5. Heatsink dan kipasnya
6. Memory / RAM
7. VGA Card (PCI/AGP)
8. Harddisk
9. CDROM/DVDROM
10. Monitor
11. Speaker
12. Keyboard dan Mouse
persiapkan juga CD driver yang dibutuhkan dan CD Sistem Operasi serta Software yang diperlukan. Persiapkan juga berbagai alat tangan seperti obeng, tang dan alat pendukung lainnya.
berikut gambar sebagian dari komponen-komponen diatas:

LANGKAH "KE DUA"
Pasang Processor,heatsink (CPU cooler) dan Memory/RAM ke Motherboard.
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh Motherboard, dan dapat diganti dengan Processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada Motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas Processor.
Berikut adalah cara pemasangan processor
1. Buka pengunci Socket Processor pada Motherboard
2. Pasangkan Processor ke Motherboard. dalam pemasangan Perhatikan bagian Processor mempunyai tanda pada salah satu sudutnya (seperti tanda segitiga)
3. Cocokan tanda tersebut dengan tanda yang ada pada Socket Processor
4. Kemudian kunci kembali socket tersebut, dengan cara menekan tuas kebawah dan mengaitkan pada pengunci
kurang lebih gambarnya seperti ini:

Memasang CPU Cooler (Pendingin CPU)
1. Siapkan CPU Cooler dan Pasta Processor
2. sebelum memasang cooler Lapisi Processor yang sudah terpasang td dengan menggunakan pasta (bentuk seperti gel)dipermukaan atas processor,
3. pasang CPU Cooler tepat diatas Processor yang sudah terpasang,kemudian kencangkan pengunci pada CPU Cooler
4. Hubungkan kabel yang terdapat pada CPU Cooler dengan Motherboard
tkp nya mas gan

oke kita ke tahap selanjutnya,masih lumayan banyak hehe...
Memasang memory (RAM)
1. Perhatikan slot memory nya apakah sudah sesuai 2. Jika sudah sesuai, maka pasangkan memory komputer Anda pada slot yang sudah tersedia 3. Kemudian kunci ram dengan pengait yang terdapat di ujung memory supaya kencang sampai bunyi klik nb: setiap memory slotnya berbeda-beda tergantung ddr nya.
kurang lebih seperti ini gambarnya

LANGKAH "KE TIGA"
pemasangan motherboard ke casing komputer
Dalam proses pemasangan ini kita harus terlebih dahulu memasang baut kecil di lubang casing yang sudah tersedia,biasanya baut tersebut sudah bawaannya jadi tidak usah binggung untuk membelinya,setelah baut sudah terpasang tinggal meletakkan motherboard sesuai dengan lubang baut pada casing.
mungkin kurang lebih seperti gambar berikut.

LANGKAH "KE EMPAT"
pemasangan power supply
sedikit pengetahuan hehehe,,,Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) casing komputer. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
FUNGSI POWER SUPPLY
Power Supply berfungsi sebagai penyuplai tegangan listrik langsung kepada komponen-komponen yang berada di dalam casing komputer. Power Supply juga berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, karena perangkat keras komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
berikut potert cara pemasang power supply

setelah power supply sudah terpasang kemudian hubungkan kabel pada power supply ke motherboard
seperti di bawah ini

oke selamat anda berhasil :D :D next
LANGKAH "KE LIMA"
Pemasangan HDD (hardisk) dan CDROM/DVDROM
hardisk adalah media penyimpanan dan cd/dvdrom adalah media untuk membaca file dalam bentuk cd/dvd keping.
jenis hardisk ada 2,yaitu hdd ATA dan SATA.


Pada pemasangan cdrom/dvdrom sudah tersedia slot di bagian depan casing

LANGKAH "KE ENAM"
pemasangan komponen kabel-kabel
Setelah semua komponen komputer terpasang, langkah selanjutnya adalah pemasangan kabel-kabel komputer, baik kabel I/O, kabel hardisk, kabel CD ROM, Kabel power CPU dll. Anda cukup memperhatikan gambar berikut ini untuk panduan Anda memasang kabel-kabel untuk merakit komputer. Sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan langkah yang satu ini, karena ini merupakan salah satu yang paling central dalam merakit komputer, jika kabel yang Anda hubungkan ternyata salah maka akan berakibat fatal. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan, setiap kabel sudah disetting sedemikian rupa agar berbeda dengan yang lain, Berikut adalah beberapa gambar untuk pemasangan kabel-kabel komputer

LANGKAH "KE TUJUH"
Pemasangan vga card (PCI/AGP) bila di perlukan,biasanya penggunakan tambahan vga ini untuk komputer gaming,yang membutuhkan gambar yang berkualitas tinggi.
pemasangan sangatlah mudah sama seperti pemasangan RAM tadi,tinggal masukkan ke slot yang sudah tersedia pada motherboard
untuk bagian slot dari VGA Card pada motherboard saat ini dikenal dengan istilah PCI Express. Untuk lokasi slot ini berada dibagian bawah dari socket processor, terlebih dahulu anda buka penutup belakang casing, cara pemasanganya pun hampir sama dengan RAM. Anda cukup sesuaikan bentuk dari socket yang ada, lalu tekan hingga VGA Card benar-benar terkunci.
langsung tkp saja mas gan..

LANGKAH "KE DELAPAN"
setelah langkah-langkah diatas sudah selesai, proses berikutnya adalah intalasi sistemnya dengan windows. Sistem Operasi atau OS juga bertugas untuk melakukan kontrol pada perangkat keras dan operasi-operasi dasar sistem.
Dalam sistem operasi umumnya dibagi menjadi 3 kelompok sistem operasi seperti Microsoft, UNIX dan Mac Os, yang dimana paling banyak dipergunakan adalah sistem operasi dari Microsoft yang bernama Windows.
Dalam penginstallan OS ada baiknya jika anda menyesukan dengan kebutuhan anda, jika anda merupakan pelajar atau pekerja kantoran yang tidak terlalu memahami rinci komputer maka alankah baiknya memilih microsoft, karena sistem ini adalah sistem paling banyak digunakan dan memiliki program yang umum oleh pelajar seperti Microsoft Office. Tapi tidak ada salahnya jika anda memakai Sistem Operasi Mac Os atau Unik yang pasti berbeda dibandingkan Microsoft,cara pengoprasiannya pun lebih mudah microsoft,tetapi jika anda ingin coba-coba bereksperimen tidak ada salahnya.hehe,,
Ada beberapa kesalahan yang terjadi ketika merakit komputer biasanya terletak pada pemasangan slot atau socket, pada motehrboard biasanya dilengkapi dengan pendeteksi kesalahan dengan menghasilnkan bunyi Beep. Pada bunyi beep akan terjadi bila terdapat kerusakan pada RAM atau VGA Card atau pemasangan yang kurang kencang.
mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan semoga dapat sedikit membantu pencerahan
maaf jika cara penulisanya kurang rapi
"TETAP SEMANGAT"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar