Jumat, 27 Januari 2017

perkembangan alat hitung

PERKEMBANGAN ALAT HITUNG
perkembangan komputer tidak bisa terlepas dari perkembangan alat hitung.
berikut macam-macam alat hitung seiring berjalannya jaman.
1. ABACUS (SEMPOA)

pertama kali dikenal di cina sejak tahun 2600 sebelum masehi, dikenal sebagai alat hitung yang di buat secara sistematis. Di jepang juga digunakan alat hitung yang mirip dengan abacus yang diberi nama soroban. Eropa abacus diperkenalkan pada tahun 300 sebelum masehi. bentuk abacus berupa rangkaian manik-manik yang tersusun pada batang sejajar yang dipasang membujur pada sebuah kerangka persegi panjang.
untuk membentuk suatu nilai tertentu, manik-manik pada batang digeser menuju kebatang melintang yang memisahkan kedua kelompok.
biasanya pemakaian abacus terdapat pada transaksi perdagangan pada jaman dulu.
2. MESIN HITUNG PASCAL

alat ini di kembangkan oleh blaise pascal pada tahun 1642 masehi. sebuah mesin yang dapat melakukan operasi penambahan. pada mesin tersebut terdapat roda-roda bergerigi dimana setiap gigi mewakili satu angka satuan 0 sampai 9.
roda-roda dihubungkan dalam suatu rangkaian,sehingga jika sebuah roda gigi berputar malampaui gigi yang mewakili bilangan 9, roda berikutnya disebelah kiri secara otomatis berputar satu gigi, berarti roda pertama menukar sepuluh gigi yang mewakili angka tersebut dengan sebuah gigi yang berada disebelah kirinya. alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. mesin hitung pascal digunakan untuk perhitungan pajak. kelemahan dari mesin hitung pascal adalah hanya terbatas untuk melalukan penjumlahan saja.
3. MESIN HITUNG LEIBNITZ

alat ini diciptakan oleh seorang ahli matematika asal jerman bernama Gottfriend leibnitz pada tahun 1694. prinsip kerja mesin hitung pascal diperluas dengan membuat mesin penghitung yang dapat mengerjakan operasi perkalian dengan cara pengulangan,penambahan dan pembagian dengan pengulangan pengurangan.
4. MESIN PELUBANG KARTU
Dirancang oleh joseph M.jacquard dari prancis pada tahun 1745. cara penggunaan lubang-lubang pada kartu punch (punch card) digunakan untuk mengontrol pola anyaman benang pada pabrik tekstil di prancis.
5. MESIN ANALISA
Ditemukan Charles Babbage pada tahun 1834. mesin hitung serbaguna yang dapat mengoprasikan perhitungan dengan fungsi perpangkatan dan logaritma. disebut dengan difference engine. yang kemudian di kembangkan menjadi karya kedua dengan nama Analitycal Engine. di perlukan suatu tempat penyimpanan data pada mesin ini untuk menyimpan jumlah mill untuk kalkulasi dan perrasi yang mengarahkan jalannya mesin tersebut untuk bekerja dalam urutan yang otomatis.Mesin ini mempunyai pusat logic (sekaran di sebut CPU), memori dan unit kontrol.Charles Babbage memperkenalkan ide penyimpanan data, pengendalian berantai melalui bentuk pemograman dan penyampaian hasil secara otomatis.
6. MESIN KARTU BERLUBANG

Dikembangkan oleh Dr. Herman Hollerith dan Biro sensus amerika serikat pada tahun 1880. digunakan untuk pengolahan data sensus dengan cara menggembangkan penggunaan punch card atau alat taulasi yang bekerja secara otomatis. dengan cara merakam data pada kartu dalam bentuk lubang-lubang memungkinkan data didalam media kartu dapat di olah secara berulang-ulang.Demikian juga mengenai pengkodean data yang disimbulkan dalam bentuk kombinasi ulang. sistem kartu-plong/ punched-card digunakan untuk memasukan data sesnsus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. kartu berlubang juga berfungsi sebagai media penyimpanan data.
7. KOMPUTER Z3

Dibangun oleh Konrad Zuse, seorang insinyur asal jerman pada tahun 1943.dikembangkan untuk medesain pesawat terbang dan peluru kendali. negara-negara yang terlibat perang dunia ke dua berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer, meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
8. HARVARD MARK I

Dikembangkan oleh Howard Aiken pada tahun 1937.Harcatd Mark I merupakan mesin hitung otomatis yang seluruhnya dikendalikan oleh wired control panels dan bank of switches, tombol-tombol dan dial. Howard H. Aiken bekerja dengan IBM (International Business Machines) mengembangkan kalkulator elektronik, panjang stengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. komputer relai elektronik,menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. beroprasi dengan lambat (mebutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel(urutan kalkulasi tidak dapat diubah), dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
9. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)

Dirancang oleh Dr.john Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kw, sudah mulai menyimpan data(stored program consept), komputer serbaguna(general purpose computer)yang bekrja 1000 kali lebih cepat dibandingkan mark I. yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5juta titik solder.
10. EDVAC (Electronic Disrete Variable Aotomatic computer)
Dikembangkan oleh john von Neumann pada tanggal 1945. i untuk menampung baik program ataupun data.memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.kunci utama terdapat pada unit pemrosesan sentral(CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk di koordinasi melalui satu sumber tunggal. penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi sehingga proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
SUMBER BUKU teknologi informasi (NOVIANA KRISBIYANTI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar