Minggu, 29 Januari 2017

pengertian internet

pengertian internet
APA ITU INTERNET?.
internet (inter-network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs-situs, baik situs akademik, situs pemerintahan, situs komersial, situs organisasi, maupun perorangan.
internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar diseluruh dunia.
layanan internet meliputi komunikasi langsung (email,chat) diskusi (Usenet news, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi( World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
PROTOKOL INTERNET
Protokol standard pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan.
SEJARAH INTERNET
- Pertama tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan As dengan nama ARPAnet (US Dfence Advanced Research Projects Agency)
- Di awal tahun 1980-an ARPANET terpecah menjadi 2 jaringan,yaiutu ARPANET dan MILNET (sebuah jaringan militer),
interkoneksinya disebut darpanet.
- Protokol standar TCP/IP mulai diperkkenalkan pada tahun 1982, disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada tahun 1984.
- Tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFnet) yang menghubungakan para periset diseluruh negeri dengan 5 buah pusat supeer komputer, menggantikan ARPAnet.
- Pada awalnya internet menawarkan layanan berbasis teks (Gopher), kemudian pada tahun 1990 Word Wide Web mulai diikembangkan oleh CERN(Laboratorium Fisika Partikel di swiss)
BAGAIMANA TERSAMBUNG INTERNET?
Untuk dapat tersambung ke internet kita dapat menggunakan beberapa cara :
1. Menggunakan layanan khusus yang di sebut ISP (Internet Service Provider)
2. Pengguna memanfaatkan komputer yang dilengkapai dengan modem (modulator and demodulator)
untuk dialUP ke srver milik ISP.
3. pengguna dapat menggunakan layanan khusus dari telkom untuk koneksi ke internet dengan memanfaatkan fasilitas telkomnet instant.
4. sambungan juga dapat dilakukan melalui saluran dedicated line seperti ISDN (integrated system digital network) maupun vi satelit melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal)
5. internet juga dikembangkan untuk aplikasi wirelles (tanpa kabel) dengan memanfaatkan telepon selluler. untuk itu digunakan protokol WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.
6. juga di kembangkan GPRS (General Packet Radio Service). GPRS kecepatannya mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas termasuk aplikasi grafis dan multimedia.
APLIKASI INTERNET
WWW (World Wide Web),web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks,gambar,suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah (i)internet webserverdipresentasikan dalam bentuk Hypertext.
Electronic Mail / Email / Messaging,pengguna internet dapat saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. pegguna yang belum memiliki alamat elektronik dapat mendaftarkan diri/registrasi pada situs-situs penedia layanan email. para pengguna email memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver.
File Transfer,Pengirim (upload) atai menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhuhung dalam jaringan internet. protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai file Tranfer Protocol (FTP).
Remote Login, seorang pengguna internet dapat mengoprasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. protokol yang digunakan adalah Telnet (Telecommunications Network).IRC (Internet Relay Chat), bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. aplikasi chat terus diperluas, sehinga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan, namun juga melalui suara (teleconference),bahkan melalui gambar dan suara sekalligus (videoconference).
sumber buku teknologi informsi (Noviana Krisbiyanti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar