Sabtu, 28 Januari 2017

fungsi komponen komputer

FUNGSI KOMPONEN KOMPUTER
Central Processing Unit (CPU) CPU (Central Processing Unit) jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia berarti unit pengelolaan pusat. merupakan tempat pemrosesan intruksi-intruksi program. di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer.
1. HARDISK
Merupakan tempat menyimpan data pada CPU.jika haardisk dibuka,maka didalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data.kecepatan putaranya bervariasi. ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit.kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte(BG) hingga 80 GB.satu GB sama dengan 1000 megabyte, sedangkan 1 megabyte sama dengan 1000 kilobyte.mengingat besarnya kemampuan hardisk memudahkan kita menyimpan data.
2. FLOPPY DISK DRIVE
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. beberapa tahun yang lalu,masih banyak yang menggunakan floppy disk berukuran 5 seperempat inchi(disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 kilobyte. saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran 3.5 inchi dengan kapasitas menyimapan data sebesar 1,4 megabyte.
3. CD-ROM drive
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disk (CD).ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpanan data yang hanya bisa dibaca. jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data,tidak bisa digunakan untuk menyimpan data. namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis/menyimpan data ke sebuah CD.namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis)
cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja hardisk atau floppy disk drive. bedanya, bagian yang di putar adalah keping CD.Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.
4. MEMORI
RAM : semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory,kususnya di RAM (Random Acces Memory)
ROM : memori ini hanya dapat membaca saj,tapi pada perkembangan ROMdimodifikasi dengan program sehingga bukan saja hanya membaca tapi juga dapat diprogram oleh pengguna.
5. KARTU GRAFIS
kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor.untuk menggambar/ design graphic ataupun untuk bermain game.
6. KARTU SUARA
perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. kalau kita sedang mendengarkan musik atau bermain game, kartu ini sangat bermanfaat.
7. MOTHERBOARD
Motherboard atau disebut papan induk,berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU. bentuk sebuah motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalulalang nya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar
8. PROCESSOR
ini adalah brain (otaknya) komputer.processor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. kekuatan processor diukur dari frekuensinya. sampai saat ini sudah mencapai 2 GHz (Giga Hertz)
jika komputer dihidupkan, maka processor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. oleh karena itu setiap processor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas(head sink) dan kipas pendingin saat ini processor yang banyak digunakan adalah INTEL,AMD dan IBM.
sumber buku: teknologi informasi (Noviana krisbiyanti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar